Sabtu, 10 Oktober 2015

Jaringan Komputer tugas 1

haii semuanyaa:D :D
Karena minmin udah lama nggak nge-post,dan kangen nge-post lagi,akhirnya minmin nge-post dehh.. hehehehe :D :D
btw, sekarang ini minmin udah semester 5 :D siapa yang sama, angkat tangan?? :D :D lebih banyak semsternya, lebih banyak juga tugasnya, BENAR apa BETUL?? wkwkwk :D :D

Tenang,minmin ngerti pearasaan kaliiaann :D
Sekarang ini minmin mau share tugasnya minmin. Tugas 1 matakuliah Jaringan Komputer. Mudah-mudahan bermanfaat yaa :D :D


Uraikan mengenai :
1.      Definisi jaringan komputer
2.      Sejarah jaringan komputer
3.      Klasifikasi jaringan komputer

Definisi Jaringan Komputer
Jaringan komputer atau Computer Networks adalah himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang autonomous. Kata autonomous sendiri mengandung pengertin bahwa komputer tersebut memiliki kendali atas dirinya sendiri dan bukan merupakan bagian dari komputer lain. Duah buah komputer dapat dikatakan interkoneksi jika keduanya bisa berbagi resources yang dimilikinya, seperti saling bertukar data/informasi, berbagi printer, berbagi media penyimpanan, dan lain
sebagainya. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja, melainkan dapat menggunakan serat optik, gelombang mikro, atau satelit komunikasi.
Pada jarinagan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, menyampaikan tugasnnya dari jauh, memindahkan file-file dan menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan. Beda halnya dengan sistem terdistirbusi, tidak ada yang perlu dilakukan secara eksplisit, semuanya sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa sepengetahuan pengguna.
Pengertian jaringan kompter menurut Ensiklopedia bebas Indonesia, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (suret, pesan instan), dan dapat mengakses informasi bersama.
Menurut Izaas el Said pakar jaringan komputer mengatakan pengertian jaringan komupter  adalah sebuah sistem di mana komputer terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.
John Gage, chlef researcher dari Sun Microsystems (1984), memberikan pengertian jaringan komputer adalah hubungan dari dua atau lebih komputer dan perangkat lainnya (seperti printer, hard drive eksternal, modem, dan router) yang terhubung bersama sehingga mereka dapat saling berkomunikasi/perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras, dan sumber daya lainnya.
Jadi, jaringan komputer dapat dikatakan sebagai kumpulan beberapa buah komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat saling berbagi resources.

Sejarah Jaringan Komputer
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group reiset Harvard University yang dipimpin oleh profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama, maka dibuatlah proses beruntun (Batch Processing) sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Pada awalnya, jaringan komputer berkembang dalam lingkup informasi bisnis: mainframe oriented. Sebuah mainframe digunakan sebagai pusat semua proses komputasi dan penyimpanan. Pengguna hanya berhubungan dengan dumb terminal yang berfungsi sebagai alat input dan output, tanpa dilengkapi dengan prosesor dan memori.dalam perkembangan selanjutnya, lahirlah desktop dengan komsep “satu komputer satu pengguna”. Dengan demikian, pengguna dapat memasukan data, memanipulasi dan menghasilkan laporan sesuai dengan keinginan pengguna.
Semakin lama desktop semakin ampuh. Pada tahap awal, berkembang aplikasi spreadsheet, database, dan word processing.lalu tahap berikutnya desktop publishing, aplikasi grafik, CAD/CAM, basisdata yang lebih kompleks, serta antarmuka yang lebih canggih.
Penyebaran informasi desktop terasa sangat lambat untuk jaringan jarak jauh. Selain itu, volume informasi yang dikomunikasikan semakin besar. Akhirnya, komputer-komputer desktop dihubungkan ke penyimpanan terpusat. Selanjutnya, dikarenakan penggunaan komputer dan jaringannya yang sudah mulai beragam, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika internet mulai diperkenalkan maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
Jangkauan jarak komunikasi komputer semakin lama semakin luas; dari jangkauan lokal yang hanya terdapat dalam satu ruang/gedung, menjadi jaringan antargedung, antarkota, sampai akhirnya terbentuk koneksi jaringan yang menghubungkan komputer dari seluruh dunia, yaitu Internet.

Klasifikasi Jaringan Komputer
Klasifikasi jaringan komputer dikelompokan berdasarkan area, media transmisi, dan pola pengoperasiannya.
Berdasarkan area:
1.      PAN (Personal Area Network)
PAN merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh beberapa buah komputer dengan peralatan nonkomputer. Jaringan ini hana dibentuk oleh perangkat PDA, handphone, dan komputer. Sedangkan printer, mesin fax, dan mesin lainnya tidak bisa dibilang sebagai anggota PAN.
Jaringan PAN dapat dibangun menggunakan teknologi wire dan wireless network. Teknologi wire PAN biasanya memanfaatkan perangkat USB dan FireWire. Sedangkan, wireless PAN menggunakan teknologi bluetooth, wifi, dan Infrared.

2.      LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang dibangun pada area yang terbatas tetapi lebih luas dari pada PAN, seperti ruangan, kantor, rumah, gedung, kampus, dan lain sebagainya. Sebuah LAN hanya terdiri atas puluhan hingga ratusan buah komputer. Ada 4 bentuk dasar LAN, yaitu: a) Topologi Bus; b) Topologi Ring; c) Topologi Star; dan d) Topologi Mesh atau Fully-Mesh.

3.      MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan komputer MAN meliputi sebuah kota. Teknologi yang digunakan oleh MAN mirip dengan LAN, hanya saja areanya lebih besar dan komputer pada jaringan ini pun jauh lebih banyak.

4.      WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan koputer yang meliputi area yang sangat besar seperti antar kota, negara, ataupun antar benua. WAN dapat menghubungkan LAN dan MAN yang dipisahkan oleh jarak yang jauh.

5.      Internet
Internet dapat dikategorikan sebagai WAN yang bersifat khusus. Yang membedakan antara internet dan WAN adalah protokol yang digunakan, servisnya, model pengoperasiannya, sistem penamaan domain, dan lain-lain.
Berdasarkan media transmisi data:
1.      Wire Network
Wire network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Kabel yang digunakan biasanya terbuat dari bahan tembaga dan fiber optic atau serat optik.

2.      Wireless Network
Wireless network adalah jringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai transmisi data. Beberapa jenis wireless network adalah WPAN, WLAN, WMAN, dan WWAN.
Berdasarkan pola pengoperasian:
1.      Peer to Peer
Peer to peer adalah jenis jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat memberikan access dari/ke komputer lain.

2.      Client Server
Client server adalah jaringan komputer yang salah satu komputernya berfungsi sebagai server untuk melayani komputer lain. Komputer yang dilayani oleh server disebut client.


References


Anon., 2011. Jaringan Komputer. [Online]
Available at: jaringankomputer.org/pengertian-jaringan-komputer/
[Accessed 11 September 2015].
Anon., 2012. IT Artikel. [Online]
Available at: www.it-artikel.com/2012/04/pengertian-jaringan-komputer.html
[Accessed 11 September 2015].
Simarmata, J., 2006. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi.
Sofana, I., 2011. Teori & Modul Praktikum Jaringan Komputer. Bandung: Modula.



2 komentar:

  1. Rajin2 post biar viewnya naik :D (y) #blogwalking
    http://blog-berbagi-pengetahuan.blogspot.co.id/

    BalasHapus